ISO, apa sih ISO itu?
ISO merupakan singkatan dari International Standar Organisation
ISO adalah badan standar dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa. ISO dapat disimpulkan sebagai koordinasi standar kerja internasional, publikasi standar harmonisasi internasional, dan promosi pemakaian standar internasional.
mengapa harus ISO?
karena, pada persaingan yang semakin ketat hanya produk yang bermutu dan memenuhi persyaratan yang diterima oleh konsumen.
pada kesempatan kali ini, w mo ngebahas tentang ISO pada manajemen mutu.
oleh karena'a sebelum itu harus mengetahui tentang urutan terbentuknya ISO 9001> ISO tentang 'Standar Sistem Manajemen Mutu'
1. STANDAR
kesepakatan yang berisi teknis atau kriteria lain yang digunakan sebagai aturan, penuntun, atau definisi dari karakteristik. fungsi'a untuk memastikan produk, proses dan jasa sesuai dengan tujuan'a.
2. SISTEM MANAJEMEN MUTU
semua aktifitas yang terkoordinasi untuk mengarahkan dan mengendallikan suatu organisasi dalam mencapai sasaran yang diharapkan berkenaan dengan mutu.
3. ISO
pedoman dan persyaratan yang digunakan organisasi industri untuk menghasilkan produk yang bermutu dan sesuai keinginan pelanggan.
4. ISO 9001
standar internasional yang diakui serta di sertifikasi sistem manajemen mutu. ISO 9001 menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan dan seperangkat prinsip'' dasar dengan pendekatan manajemen dalam aktivitas rutin perusahaan. tujuannya adalah menciptakan konsistensi untuk mencapai kepuasan pelanggan.
MANFAAT PENERAPAN SMM ISO
> meningkatkan daya saing
> meningkatkan produktifitas, efesiensi, efektivitas operasioanl, dan mengurangi biaya yang ditimbulkan dari barang cacat
> sistem kerja yang terdokumentasi, perusahaan mempunyai aturan kerja yang lebih baik dan memudahkan pengendalian
> nilai kompetisi dan image perusahaan naik
> terjaminnya proses dilaksanakan sesuai dengan SMM
> memudahkan top manajemen mancapai target
8 PRINSIP PENERAPAN SMM
1. fokus pada pelanggan > memnuhi dan memuaskan keinginan pelanggan
2. kepemimpinan > menciptakan dan memelihara lingkungan internal, dimana karyawan dilibatkan secara penuh dalam mencapai tujuan organisasi
3. keterlibatan karyawan > semua karyawan senantiasa memberikan sumbangsih bagi kepentingan organisasi
4. pendekatan proses > sumber daya dan aktivitas yang saling berkaitan diatur sebagai satu proses
5. pendekatan sistem pada manajemen > bila proses yg berkaitan dapat diidentifikasi dan diatur sebagai sistem, mka tujuan dan saaran dapat dicapai dengan lebih efektif dan efisien
6. Peningkatan yang berkesinambungan > bertujuan supaya dapat membuka cabang baru
7. pendekatan faktual untuk pengambilan keputusan
8. hubungan pelanggan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak
PERSYARATAN SMM ISO 9001
A. Ruang Lingkup > bagaimana perusahaan mematuhi dan mantaati semua aturan yang sudah di standarkan
B. Referensi Normatif > adanya acuan yang digunakan dalam penerapan SMM, anggota ISO & IEC
C. Istilah & Definisi > menghindarkan penggunaan istilah'' yang sama
D. SMM > *persyaratan umum > perusahaan yang akan mengimplementasikan SMM ISO 9001 harus menerapkan, mendokumentasikan dan memlihara SMM secara terus menerus memperbaiki keefektifannya
*persyaratan dokumentasi > -umum: perusahaan harus mempunyai kebijakan mutu, sasaran mutu, prosedur, dokumen pendukung dan filing sistem.
-pedoman mutu: dokumen yang mencakup persyaratan mutu yang menetapkan kebijakan mutu & sebagai acuan dalam pelaksanaannya menggambarkan proses & keterkaitan proses dalam organisasi perusahaan
-pengendalian dokumen
-pengendalian filing / rekaman
E. Tanggung Jawab Manajemen > bertanggungjawab dengan kebijakan mutu agar sasaran mutu tercapai
jual dvd presentasi iso:
ReplyDeleteDVD Presentasi New Version 885MB/906 Files (5S, AHP, Audit Internal, Balanced Score, CPOB, HACCP dan GMP (Analisa Keamanan Pangan), ISO (9001, 14001 (Manajemen Lingkungan), (14001 Audit Internal), 15489 (Manajemen Kearsipan), 17025 (Manajemen Laboratorium), 22000 (Manajemen Keamanan Pangan), ISO/TS 16949 (Manajemen Otomotif), ISO/IEC 17799:2000 (Manajemen Keamanan Informasi), Manajemen Perkantoran, Malcolm Baldridge National Quality Awards (MBNQA), SA 8000 (Manajemen Ketenagakerjaan), Six Sigma, (Safety, OHSAS dan SMK3)
Jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan yang berkaitan dengan 5S (Dasar dasar tentang Rapi, Bersih dan Tertata), AHP (Analytic Hierarchy Process), Audit Internal, Balanced Score, CPOB, HACCP dan GMP (Analisa Keamanan Pangan), ISO diantaranya (9001, 14001 (Manajemen Lingkungan), 14001 (Audit Internal Manajemen Lingkungan), 15489 (Manajemen Kearsipan), 17025 (Manajemen Laboratorium), 22000 (Manajemen Keamanan Pangan), ISO/TS 16949 (Manajemen Otomotif), ISO/IEC 17799:2000 (Manajemen Keamanan Informasi), Manajemen Perkantoran, MBNQA (Malcolm Baldridge National Quality Awards), SA 8000 (Manajemen Ketenagakerjaan), Six Sigma, Safety, OHSAS dan SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja); akan tetapi mungkin perusahaan dimana Anda bekerja memiliki budget yang terbatas, waktu yang sempit, dan berbagai kendala faktor lainnya untuk mengikuti seminar atau training dengan topik tersebut di atas yang rata-rata kisaran harganya 1,5 – 2,5 juta per orang.
Maka berikut ini adalah salah satu solusi terbaik yaitu kumpulan presentasi untuk kebutuhan perusahaan Anda atau bahkan untuk Anda pribadi yang dikemas dalam 1 (satu) CD yang berisi 885MB/Total 906 Files. Khusus bagi yang berminat kami menawarkan untuk mengirimkan 1 keping DVD tersebut dengan harga Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah)+ongkir, dengan menggantikan biaya pembuatan dan biaya pengiriman. Kami memberikan jaminan 100% uang kembali, Bagi yang berminat bisa order disini order dvd presentasi iso